Home » , » Lima Film yang Pemutarannya Dilarang Karena Menyinggung Agama

Lima Film yang Pemutarannya Dilarang Karena Menyinggung Agama

Written By TOP on Thursday, March 27, 2014 | 12:04 AM

Lima Film yang Pemutarannya Dilarang 
Karena Menyinggung Agama

Film “Noah” (2014) karya Darren Aronofsky sedang menjadi bahan pembicaraan hangat karena tak hanya dilarang diputar di beberapa negara di Timur Tengah, film yang dibintangi oleh Russell Crowe dan Jennifer Connelly ini juga tidak akan dirilis di Indonesia. Lembaga Sensor Film memandang bahwa “Noah” mengandung unsur SARA yang dapat memancing kontroversi dan menimbulkan keresahan dalam masyarakat, sehingga akhirnya diputuskan film ini tidak bisa diputar di bioskop Indonesia.

“Noah” bukan satu-satunya film yang memancing reaksi keras dari badan sensor dan lembaga keagamaan. Ada banyak film yang juga pernah mengalami nasib serupa karena punya cerita yang berpotensi menyinggung agama tertentu. Film-film apa saja yang kehadirannya juga pernah dijegal di berbagai negara? Berikut adalah lima film dengan muatan agama yang pernah mendapat larangan pemutaran.

1. Monty Python’s Life of Brian



“Monty Python’s Life of Brian” yang dirilis tahun 1979 sudah pernah mendapat larangan pemutaran sampai berpuluh-puluh tahun di negara-negara seperti Inggris, Irlandia, dan Norwegia. Film komedi satir tentang sosok mesias ini secara kualitas sebenarnya dianggap sangat baik. Hanya saja, beberapa dekade yang lalu materi semacam ini dianggap sangat sensitif, sampai-sampai filmnya dianggap sebagai penghujatan – dan diprotes oleh para suster yang berdemo di depan bioskop yang memutar film ini.

“Life of Brian” sendiri bercerita mengenai kehidupan Brian, seorang pria yang lahir di sebelah kandang domba tempat Yesus dilahirkan. Melalui serangkaian kejadian konyol, Brian yang terseret keadaan tiba-tiba dianggap sebagai sosok juru selamat, sehingga nasibnya akhirnya berakhir di atas kayu salib. “Life of Brian” sebenarnya tak hanya membahas soal religi, filmnya juga berfungsi untuk menyindir film agama buatan studio besar, cara kerja politisi, sampai urusan serikat pekerja. Mereka yang sensitif mungkin masih menganggap bahwa film ini menghina agama. Tetapi, sebagai film, “Life of Brian” sudah dianggap sebagai salah satu film komedi paling bagus yang pernah dibuat sepanjang sejarah.

Sutradara: Terry Jones
Penulis Naskah: Graham Chapman, John Cleese, Terry Gilliam, Eric Idle, Terry Jones, Michael Palin
Pemeran: Graham Chapman, John Cleese, Terry Gilliam, Eric Idle, Terry Jones, Michael Palin



Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. CARI YANG MAHAL ATAU YANG MURAH ? - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger