Home » , , » Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia

Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia

Written By TOP on Friday, April 11, 2014 | 1:11 AM







Sejak tiba di Base Operations (Base Ops) Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, sosok pesawat Kepresidenan RI jenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2) membuat takjub para tamu undangan acara serah terima yang langsung dihadiri dari pihak Boeing. Sebab sejak 69 tahun merdeka, ini merupakan kali pertama Indonesia punya pesawat kepresidenan RI. 

Pesawat BBJ2 dirancang untuk memuat 4 VVIP class meeting room, 2 VVIP class state room, 12 executive area, dan 44 staff area. Interior pesawat dirancang untuk dapat mengakomodasi hingga 67 orang penumpang. Jumlah itu disebut cukup untuk sebuah rombongan presiden. 

Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi mengatakan, pesawat kepresidenan ini memang dirancang untuk dapat memenuhi persyaratan demi menunjang pelaksanaan tugas kenegaraan presiden RI. 

Dalam foto yang terpampang, pesawat Kepresidenan didominasi warna biru langit dan putih. Warna biru berada di bagian atas tubuh pesawat dan warna putih di bagian bawah pesawat. 

Kedua warna tersebut dibatasi garis merah dan putih yang melengkung dari bagian tengah belakang pesawat ke bagian bawah hidung pesawat.

Di tubuh pesawat terdapat tulisan REPUBLIK INDONESIA dan di bagian ekor pesawat terpampang gambar bendera Merah Putih.

Pesawat Kepresidenan jenis BBJ II berbasis Boeing B-737-800 itu berukuran panjang 39,5 meter, rentang sayap 35,8 meter, tinggi ekor 12,5 meter, dan diameter 3,73 meter. Sementara itu, interiornya, panjang 29,97 meter, tinggi 2,16 meter, dan lebar 3,53 meter.

Selain itu, 737-800 BBJ II juga memiliki kemampuan jarak tempuh maksimal 10.334 kilo meter (km), kapasitas penumpang 50 orang, jarak tempuhnya terjauhnya turun jadi 8.630 km, kecepatan 871 kilometer per jam, dan kapasitas bahan bakar 39.539 liter. 

Dia melanjutkan, serah terima pesawat yang dilaksanakan hari ini merupakan peristiwa penting untuk Indonesia. Sudi menyerahkan pesawat kepresidenan itu kepada pihak TNI Angkatan Udara dan Garuda Indonesia untuk bersama-sama merawat dan memelihara pesawat tersebut.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. CARI YANG MAHAL ATAU YANG MURAH ? - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger